Minggu, 08 Juli 2012

Swing trader


Swing Trading adalah strategi bermain saham yang memanfaatkan volatilitas (gejolak) harga saham.
Swing Trader adalah sebutan untuk trader saham yang menggunakan sistem swing trading ini.
Swing Trader agak berbeda dengan Day Trader dalam segi aktivitas trading. Day Trader frekuensi trading sahamnya sangat agresif, dalam sehari bisa melakukan jual-beli saham berkali-kali sedangkan Swing Trader memantau momentum yang tepat untuk melakukan trading yang biasanya berdurasi 2-10 hari.
Keuntungan terbesar bagi Swing Trader adalah pada gejolak harga. Seperti kita ketahui harga saham tiap menit, tiap hari berubah-ubah akibat bid dan offer dari para pemain saham di bursa.
Swing Trader memanfaatkan gejolak harga tersebut secara maksimal dengan melakukan aksi beli pada saat harga swing naik dan melakukan aksi jual saat harga swing turun.
Swing Trader biasanya mencari saham-saham yang memiliki range trading yang cukup lebar seperti BUMI, ASII, AALI, BMRI, dll.

Apa yang membuat Swing Trading ini sangat populer di kalangan trader?
Swing Trading merupakan sistem trading yang sangat populer bagi pemain saham, foreX, option, dll.
Namun agar swing trading berjalan dengan baik diperlukan sistem trading yang efektif.
Sistem trading yang efektif paling tidak memuat dua komponen dasar dan penting yaitu identifikasi tren dan stop loss.
Salah satu aspek terpenting yang sulit diidentifikasi trader adalah menentukan tren. Sistem trading yang baik harus dapat mengidentifikasi tren dengan segera. Gagal mengetahui tren berarti malapetaka bagi seorang trader saham. Ingat selalu quote "Follow the Trend" (Ikuti Tren).
Stop Loss atau jual rugi juga merupakan salah satu komponen penting yang harus diketahui seorang trader. Banyak pemain saham biasanya melakukan jual-beli saham tanpa terlebih dahulu menyiapkan level cut loss yang siap ia tanggung apabila saham yang di beli tidak bergerak sesuai harapan. Sistem trading yang baik harus dapat dengan jelas memberikan level cut loss ini.
Pastikan sistem trading yang anda gunakan paling tidak mengandung dua komponen di atas.

Bagaimana Strategi Bermain Saham Dengan Swing Trading?
Tujuan menggunakan strategi Swing Trading adalah masuk posisi pada trading opportunity yang memberikan probabilitas keuntungan yang tinggi sesuai dengan arah tren.
Swing Trader biasanya jarang melakukan counter-trading (trading melawan tren). Dengan mengikuti tren kita mengikuti arah uang atau arah bandar. Mengikuti tren memperbesar peluang anda untuk mendapatkan profit besar.
Pada dasarnya ada 3 strategi dalam Swing Trading yaitu :
1.      Kenali Tren. Follow the Trend!
2.      Tunggu Pullback. Dalam suatu tren harga tidak selalu naik terus. Ada saatnya di mana saham akan pullback (koreksi sehat) sebelum melanjutkan kenaikannya. Swing trader yang baik biasanya menunggu momen pullback ini untuk melakukan aksi beli atau tambah posisi beli.
3.      Lakukan Trading.
Kelihatannya sederhana namun penting diingat, diperlukan disiplin yang tinggi untuk mengeksekusi sinyal beli dan terutama sinyal jual menurut sistem Swing trading ini.
Sistem Trading apapun yang anda gunakan pada akhirnya kembali pada disiplin, money management dan psikologi trader yang bersangkutan.