Minggu, 08 Juli 2012

"KEBEBASAN FINANSIAL MELALUI SAHAM"


Dear fellow Value Investor,

Artikel dibawah ini sebenarnya cuplikan DRAFT BUKU saya yang belum sempat terselesaikan,
Judulnya "KEBEBASAN FINANSIAL MELALUI SAHAM"

PENDAHULUAN

Buku ini bukan tentang bagaimana mendapatkan kekayaan berlimpah dalam sekejap. Buku ini akan mengajarkan prinsip prinsip investasi yang rasional berdasarkan pemahaman ilmiah tentang bagaimana pasar bekerja, bagaimana psikologi pelaku pasar, bagaimana menilai suatu bisnis/saham secara benar dan bagaimana menyusun portofolio yang seimbang untuk akumulasi kekayaan secara berkesinambungan dalam jangka panjang.

Investasi berbeda dari spekulasi atau gambling. Seperti yang didefinisikan oleh guru investor nilai  legendaris Benjamin Graham: yang termasuk kegiatan investasi adalah kegiatan dimana setelah dilakukan analisis yang mendalam didapatkan keyakinan akan keamanan modal yang ditanam ditambah return yang memadai. Kegiatan yang tidak memenuhi sarat tersebut merupakan kegiatan spekulasi.

Keuntungan yang diharapkan dari sebuah aset investasi berasal dari apresiasi harga aset dan pendapatan yang dihasilkan secara berkala. Misalnya saham akan menghasilkan keuntungan dari kenaikan harga saham dan pembagian dividen. Investasi secara umum dalam definisi disini bisa berarti:
1.)Saham sebuah perusahaan.
2.)Usaha patungan warung tegal.
3.)Rumah kos.
4.)Emas.
5.)Obligasi pemerintah.
6.)Dll.

Perlu dipahami juga bahwa semua jenis investasi baik itu di saham, property, obligasi, bahkan rumah kos sedikit banyak melibatkan probabilitas kerugian. Tidak ada jaminan 100% akan kemanan modal. Karena itulah kegiatan investasi harus mempertimbangkan probabilitas secara rasional untung/rugi-nya. Sebelum memutuskan membeli sebuah saham misalnya, kita harus mempertimbangkan nilai intrinsik bisnis, kita juga harus memperhatikan aspek kualitatif bisnis sehingga kita bisa mendapatkan keyakinan akan kemungkinan return yang akan dihasilkan.

KEBEBASAN FINANSIAL

Dalam Buku ini “kebebasan finansial” secara singkat didefinisikan sebagai kondisi dimana return dari aset-aset investasi anda telah mampu mencukupi biaya hidup anda tanpa memakan prinsipalnya. Ada banyak jalan menuju Kebebasan Finansial. Buku ini menawarkan jalan yang rasional tanpa mengharuskan anda untuk meninggalkan rasa aman dipekerjaan tetap anda.

Jalan yang yang diajarkan disini adalah proses akumulasi kekayaan secara konsisten melalui pembelian saham-saham berkualitas yang dihargai murah oleh Mr. Market dibanding dengan nilai intrinsiknya. Untuk itu akan dijelaskan juga bagaimana menilai sebuah saham secara benar dan bagaimana memanfaatkan sifat-sifat unik Mr. Market untuk mendapatkan saham saham berkualitas di harga yang murah.

Tapi bagaimana mungkin pegawai menengah dengan gaji hanya 5-10 juta rupiah bisa mencapai kebebasan finansial ? jawabannya ada pada konsep yang disebut Albert Einstein sebagai 8th wonder of the world : “compounding interest”.

BUNGA BERBUNGA/COMPOUNDING INTEREST

Ini mungkin hal yang tidak fair bagi sebagian orang, tapi kenyataannya adalah : “money begets money” … uang menciptakan uang. Yang kaya makin kaya, sementara yang miskin tetap miskin. Ada dua hal yang bisa anda lakukan tentang ini, pertama anda bisa menggerutu tentang betapa tidak adilnya dunia ini, kedua, anda bisa melakukan suatu hal positif tentang ini.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah memanfaatkan konsep ini untuk menuju kebebasan finansial anda sendiri. Kabar baik dari saya adalah bahwa semua orang bisa melakukannya. Sisihkan sebagian uang gaji anda untuk digandakan dalam aset investasi secara konsisten dan biarkan uang anda menggandakan dirinya sendiri. Menurut pengamatan saya, yang membedakan antara orang kaya dan orang miskin adalah pemhaman tentang konsep ini, orang kaya paham konsep ini secara alamiah bahkan sejak usia dini, sementara orang miskin buta akan konsep ini.

Tapi berapa banyak aset yang bisa di-akumulasi dari gaji yang hanya 5 juta sebulan?
Misalkan anda menyisihkan secara konsisten 25% gaji anda untuk investasi tiap bulan atau sekitar 1.25jt/bulan (25% x 5jt). Dan gaji anda naik hanya sebesar inflasi pertahun (katakanlah 5% setahun). Dengan tingkat return disetahunkan 15%/tahun, maka aset investasi yang bisa anda akumulasi selama 30 tahun adalah hampir 10 MILYAR RUPIAH … WAWWWWW

Selamat Berinvestasi dengan cerdas,
Value Investor Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar